24 Desember 2019 10:49:17
Ditulis oleh admin

Produk Andalan Desa Talun, Wedang Asam Jawa, Asam Talun

Desa Talun, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, tak hanya terkenal akan keindahan kawasan asam pelangi. Tetapi, juga memiliki produk unggulan yakni, Wedang Asam Jawa dalam kemasan.

Bahan baku wedang asam dihasilkan dari pohon asam yang berumur ratusan tahun berjejer rapi di sepanjang jalan masuk desa. Setiap musim berbuah panen buah asam sangat melimpah.

Pohon asam sendiri saat ini tahun 2019 dikelola oleh Pokdarwis dan Bumdes Pelangi Jaya. 

Dengan melimpahnya buah asam ini dimanfaatkan oleh ibu-ibu PKK Desa Talun membuat inovasi minuman herbal sehat dan menyegarkan tanpa bahan pengawet yang bahan-bahanya alami dari alam. 

Produk minuman tersebut diberi nama Wedang Asam Jawa. Sementara untuk pemasaran melalui media sosial baik lewat facebook, twitter, instagram dan youtube.

Dalam penyajianya Wedang Asam Jawa produksi ibu-ibu Pkk, sangat enak diminum selagi hangat plus didampingi gorengan dan juga bisa diminum  ketika dingin di campur es.

Untuk bahan-bahanya pembuatan Wedang Asam jawa yaitu diantaranya Asam Jawa, Gula Murni dan Air.

Sedangkan harga jual isi bersih 250 ml cukup terjangkau hanya Rp 5000 rupiah anda sudah bisa menikmati Wedang Asam Jawa yang segar dan menyehatkan.

Selain dipasarkan secara lokal pihak Desa membuka mitra bisnis (Reseller) dari desa lainya bisa langsung datang ke Desa Talun.

Semoga dengan inovasi karya lokal ini mampu memberikan perkembangan dan kesejahteraan desa serta menjadi daya tarik wisata alam dan edukasi. (**)



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus